PUSAT
TANGGUNG JAWAB - PUSAT PENDAPATAN
A. MANFAAT PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN__________________________
Organisasi
merupakan kumpulan dari berbagai pusat pertanggung-jawaban dengan tujuan :
1.
Menyusun
perencanaan, proses pelaksanaan, alat pengendalian dan penilaian kinerja
perusahaan.
2.
Menyusun
tugas dan tanggung jawab yang jelas antara karyawan dan departement dalam
perusahaan.
3.
Mendelegasikan
tanggung jawab dan wewenang keapada karyawan dan departemen yang memiliki
keahlian dan kompetensi.
4.
Memudahkan
untuk mencapai sasaran organisasi.
5.
Menumbuhkan
motivasi terhadap unit bisnis untuk meningkatkan kreativitas inovatif.
6.
Melaksanakan
pengendalian pelaksanaan strategi manajemen secara efektif.
B. MENGUKUR PRODUKTIVITAS________________________________________
Produktivitas
dapat diukur dengan rumus :
Produktivitas
= Input
output
Untuk
meningkatkan produktivitas makan dapat dilakukan dengan cara :
1.
Meningkatkan
jumlah unit output dengan mengurangi jumlah input.
2.
Meningkatkan
jumlah unit output yang melebihi peningkatan jumlaah unit input.
3.
Menurunkan
jumlah unit output yang lebih kecil dari penurunan jumlah unit input.
4.
Jumlah
unit output adalah tetap tetapi jumlah unit input yang menurun.
5.
Jumlah
unit output meningkat dan jumlah unit input yang tetap.
C. EFISEIENSI DAN EFEKTIVITAS_______________________________________
Efesiensi
merupakan perbandingan antara keluaran dengan masukan atau jumlah keluaran yang
dihasilkan dari satu unit input yang dipergunakan.
Efektivitas
adalah hubungan antara keluaran suatu pusat pertanggung-jawaban dengan sasaran
yang harus dicapainya. Semakin besar kontribusi keluaran yang dihasilan
terhadap nilai pencapaian sasaran tersebut, maka dapat dikatakan semakin
efektif pula unit tersebut.
Seorang
controller dapat menjadi produktiv jika :
1.
Menyusun
rencana.
2.
Nilai
tambah.
D. PUSAT PENDAPATAN (REVENUE CENTER)_____________________________
Pendapatan
adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari kegiatanya, yang utamanya
dari penjualan priduk atau jasa kepada pelanggan pada pusat pendapatan selalu
dikaitkan dengan upaya departement penjualan dan departement pemasaran untuk
mencapai target pendapatan atau penjualan perusahaan.
E. DEPARTEMEN PENJUALAN DAN DEPARTEMEN
PEMASARAN___________
1.
Departemen
penjualan.
Yang
menjadi tanggung jawab dari departemen penjualan adalah mencapai target
penjualan perusahaan baik total nilai rupiah dan jumlah unit yang diujual
per/sku (stop keeping unit).
2.
Anggaran
penjualan.
Anggaran
penjualan merupakan alat dan peta untuk mencapai angka penjualan yang sudah
ditargetkan dan disepakati oleh organisasi.
3.
Metode
penyusunan anggaran.
Perusahaan
menyusun anggaran penjualan dapat digunakan metode sebagai berikut :
A.
Metode
non-kuantitatif.
B.
Metode
kuantitatif.
4.
Departemen
pemasaran.
Pemasaran
adalah hal yang penting bagi perusahaan karena maju mundurnya suatu perusahaan
tergantung pada berhasil atau tidaknya strategi pemasaran tersebut.
5.
Peranan
controller dalam bidang pemasaran.
A.
Melakukan
segmentasi pasar.
B.
Melakukan
terget pasar.
C.
Posisi.
D.
Merumuskan
bauran pemasaran.
E.
Meningkatkan
kemampulabaan.
F.
Mengatur
dan mengoptimalkan promosi.
G.
Mongoptimalkan
above the line perusahaan.
PUSAT
BIAYA
A. PENGERTIAN BIAYA_________________________________________________
Biaya
adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang yang telah
terjadi/kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan organisasai termasuk
harga pokok yang dikorbankan dalam usaha.
B. PERILAKU BIAYA___________________________________________________
Pemahaman
mengenai prilaku biaya sangat diperlukan dalam penyusunan anggaran, jika jumlah
produksi meningkat maka biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja berdasarkan
jumlah unit produksi meningkat.
C. PENGURANGAN BIAYA DAN PENGHEMATAN BIAYA__________________
Pengurangan
biaya (cost reduction) dan penghematan biaya (cost saving)
1.
Pengurangan
biaya.
Program
pengurangan biaya ditunjukan pada usaha-usaha untuk mengurangi atau menekan
biaya melalui penyempurnaan metode yang digunakan.
2.
Penghematan
biaya.
Dalam
arti luas, penghematan biaya meliputi pengurangan biaya secara bijaksana.
D. HUBUNGAN BIAYA DENGAN PRODUK________________________________
Biaya
yang terjadi dapat dikelompokan berdasarkan hubunganya dengan produk yaitu
biaya pabrikasi, biaya penelitian dan penghmatan dan biaya komersial.
1. Biaya pabrikasi
A. Biaya bahan
B. Biaya tenaga kerja.
C. Biaya over head pabrik.
2. Biaya penelitian dan pengembangan.
Biaya penelitian
dan pengembangan merupakan biaya yang tidak langsung dalam perusahaan pabrik.
3. Biaya komersial.
A. Biaya pemasaran.
B. Biaya distribusi.
C. Biaya administrasi dan umum.
PUSAT
LABA, PUSAT INVESTASI
A. MANFAAT PUSAT LABA______________________________________________
Perusahaan
yang menggunakan pusat laba memiliki manfaat keunggulan sebagai berikut :
1.
Pusat
laba mengharuskan disiplin atas indentifikasi dan penyelesaian masalah.
2.
Pusat
laba menyediakan pengaharan kesemua tingkatan manajemen.
3.
Pusat
laba meningkatkan kordinasi.
4.
Pusat
laba meningkatkan koordinasi dan organisasi sehingga para manajer pada
organisasi lebih bebas dan lebih cepat untuk
mengambil keputusan.
5.
Pusat
laba menyediakan suatu cara untuk memperoleh ide dan kerjasama dari semua
tingkatan manajemeen.
6.
Pusat
laba meiningkatkan kualitas keputusan karena semua karyawan dalam organisasi
sadar dan terlibat.
7.
Pusat
laba menyediakan suatu tolak ukut untuk mengevaluasi kinerja aktual dan
meningkatkan kemampuan dari individu-individu.
B. KETERBATASAN PUSAT LABA________________________________________
Keterbatasan
pusat laba antara lain :
1.
Sesama
unit bisnis atau divisi perusahaan yang semula bekerja sama menjadi saling
bersaing untuk meningkaatkan laba divisinya masing-masing.
2.
Setiap
divisi setiap laba diharuskan membuat anggaran.
3.
Pusat
laba yang lazimnya melakukan penyusunan perencanaan sehingga mengkonsumsi waktu
yang banyak.
4.
Pusat
laba tidak mencerminkan seluruh hasil kerja manajemen.
5.
Pusat
laba dipengaruhi oleh adanya kekuatan- kekuatan external yang mempengaruhi
bisnis.
6.
Pusat
laba memfokuskan perhatian manajamen hanya pada cita-cita unit bisnis atau
divisi.
7.
Pusat
laba harus memperoleh komitmen dari manajemen puncak.
8.
Penggunaan
laba secara berlebihan sebagai alat evaluasi.
9.
Pusat
laba melibatkan pekerjaan tambahan sehingga memerlukan sumber daya yang lebih.
10. Pusat laba tidak menjamin bahwa
perusahaan akan meningkatkan laba secara keseluruhan.
C. PENGUKURAN LABA________________________________________________
Terdapat
beberapa konsep yang dapat digunakan untuk mengukur laba antara lain :
1.
Laba
kontribusi.
2.
Laba
langsung unit bisnis atau divisi.
3.
Laba
terkendali unit bisnis atau divisi.
4.
Laba
bersih sebeleum pajak unit bisnis.
5.
Laba
bersih sesudah pajak unit bisnis.
D. PUSAT INVESTASI___________________________________________________
Pusat
investasi merupakan pertanggung jawaban berdasarkan tingkat laba yang
dihasilkan dan dikaitkan dengan besarnya investasi yang ditanamkan.
Investasi
diukur berdasarkan penciptaan laba yang dicapai oleh unit bisnis atau divisi
sebagai berikut :
1.
Investasi
diukur berdasarkan jumlah aktiva.
2.
Investasi
diukur bersadarkan jumlah utang dan modal.
3.
Investasi
diukur berdasarkan jumlah modal sendiri.
Penilaian
investasi pusat investasi pada dasarnya dapat dilakukan dengan menggunakan
metode berikut :
1.
Return
of investment/ROI.
2.
Economic
Value Added.
E. HARGA TRANSFER___________________________________________________
Perusahaan
yang melakukan penge,bangan bisnisnya secara pesat, lalu melakukan
difersivikasi usahanya untuk memasuki berbagai pasar.
F. TUJUAN HARGA TRANSFER__________________________________________
Penentuan
harga transfer antara pusat pertanggung jawaban terdapat beberapa tujuan antara
lain :
1.
Memberikan
kebebasan kepada pusat pertanggung jawaban untuk membuat keputusan.
2.
Memberi
informasi yang relevan bagi unit bisnis.
3.
Meningkatkan
laba unit bisnis dan sekaligus meningkatkan laba perusahaan sehingga tujuan
dari perusahaan tercapai.
4.
Membantu
mengevaluasi kinerja ekonomi dari unit bisnis secara akurat.
5.
Sistem
dari masing-masing unit bisnis harus sederhana, mudah dimerngerti dan mudah
dikerjakan oleh staff unit bisnis.
G. KETERBATASAN DALAM PENENTUAN SUMBER_______________________
Dalam
penentuan sumber terdapat 2 hal yang menimbulkan keterbatasan yaitu :
1.
Keterbatasan
penyedia barang atau jasa diluar perusahaan.
2.
Terdapat
kelebihan atau keterbatasan kapasitas dalam perusahaan.
H. PENENTUAN HARGA TRANSFER______________________________________
Penentuan
harga transfer dapat digunakan menggunakan metode-metode berikut :
1.
Harga
transfer ditentukan berdasarkan harga pasar.
2.
Harga
transfer berdasarkan harga pokok.
Harga trabsfer
berdasakan negosiasi.
0 komentar:
Posting Komentar