RSS

SISTEM INFORMASI PERBANKAN

SISTEM INFORMASI PERBANKAN

Sistem informasi merupakan bagian penting dalam proses pengoperasian di perbankan syariah dan Asuransi syariah. Hal ini dikarenakan dengan adanya sistem informasi tersebut, dapat mempermudah Lembaga Keuangan Syariah dalam melakukan segala aktivitas yang berlangsung, seperti menginput data, memproses, mengontrol dan melaporkan informasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dalam sistem informasi keuangan yang terdapat dalam perbankan syariah, dapat menyediakan informasi untuk berbagai tujuan, yaitu :

1. Pelaporan periodik
2. Informasi historic
3. Laporan ke otoritas moneter (BI)
4. Laporan konsolidasi
5. Perencanaan laba dan anggaran
6. Pelaporan kinerja, menghitung tingkat, hasil, dan berbagaii rasio keuangan
7. Akuntansi biaya
8. Output untuk sistem lain.

Dengan semakin berkembangnya sistem informasi ini, selain dapat mempermudah bank, akan tetapi dapat pula mempermudah para nasabah. Hal ini dikarenakan dengan adanya sistem on-line banking, memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi-transaksi di berbagai Kantor Cabang manapun.

Selain itu juga Sistem informasi yang dibangun dengan baik dan benar antara lain dapat meningkatkan produktivitas, menghilangkan kegiatan yang tidak memiliki manfaat (nilai tambah), meningkatkan layanan dan kepuasan nasabah, mengkoordinasikan setiap bagian dalam perusahaan serta meningkatkan kualitas kebijakan manajemen.
Sedangkan secara umum manfaat-manfaat SI tersebut dapat dikategorikan sebagai manfaat berwujud (tangible benefit) dan manfaat tak berwujud (intangible benefit).
Sistem informasi yang baik dapat digunakan tidak hanya untuk penyimpanan data secara elektronik saja tetapi harus mampu mendukung proses analisis yang diperlukan oleh manajemen.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar