RSS

Tugas 7 Kelompok Sosial

KELOMPOK SOSIAL


Macam - macam Kelompok Sosial


adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama, oleh karena adanya hubungan antara mereka.  Kelompok sosial terdiri dari dua macam yaitu


dan Kelompok sosial yang tidak teratur.

A. Kelompok Sosial yang Teratur

1. Dilihat dari besar kecilnya anggota, yaitu 

In - Group 
Kelompok sosial yang para individu anggota kelompok sosial yang bersangkutan  mengidentifikasikan dirinya dengan kelompoknya. 
Contoh : Andi anggota club basket Sixty maka ia akan mendukung keberhasilan timnya.

OUT - Group
Kelompok sosial yang oleh individu diartikan sebagai lawan in-groupnya.
Contoh :  Tomi bukan anggota club basket Sixty,dia anggota club basket Fire, maka Andi akan menganggap Tomi dan kawan-kawannya sebagai Out - Group nya.


2. Dilihat dari derajat interaksi sosial, yaitu :
Kelompok Primer (Primary Group) atau Face to Face Group. Merupakan kelompok sosial yang paling sederhana, di mana anggota-anggotanya saling mengenal dan ada kerja sama yang erat dalam kelompok sosialnya. Contoh : Keluarga.


Kelompok-kelompok yang terdiri dari banyak orang. Hubungan antarindividu pada anggota kelompok masing- masing tidak perlu didasarkan pengenalan secara pribadi dan sifatnya juga tidak begitu langgeng. Contoh : Orang jual- beli di pasar.


3. Dilihat dari kepentingan wilayah, yaitu :
Paguyuban (Gemeinschaft)
Bentuk kehidupan bersama,di mana anggota-anggotanya oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta kekal. Ciri - ciri paguyuban, yaitu :
1. Intim yaitu hubungan menyeluruh yang mesra.
2. Privat, yaitu hubungan yang bersifat pribadi atau khusus untuk beberapa orang saja.
3. Ekslusif, yaitu hubungan tersebut hanyalah untuk anggota dan tidak untuk orang-orang lain di luar anggota.
Ada tiga tipe paguyuban yaitu karena darah (keturunan), tempat tinggal dan jiwa pikiran (ideologi). Contoh paguyuban dapat kita lihat dalam suatu rukun tetangga (RT).


Patembayan (Gesselscaft)
Kelompok sosial yang memiliki ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek sementara.


1. Impersonal, yaitu hubungan keanggotaan sebatas kepentingan.
2. Kontraktual, yaitu ikatan antaranggota berdasarkan perjanjian semata.
3. Realistis dan ketas, yaitu hubungan antaranggotanya tidak akrab dan mengutamakan untung rugi. Contoh patembayan adalah ikatan pedagang kaki lima.


     a.  Kelompok formal, merupakan kelompok yang memiliki peraturan-peraturan yang tegas dan dengan sengaja dibuat oleh anggotanya untuk mengatur hubungan antaranggotanya. Contoh kelompok formal: kelompok kerja, panitia, departemen kecil, dan tim proyek. Tujuan kelompok formal: peraturan-peraturan, keanggotaan, pemilihan pemimpin biasanya ditentukan oleh organisasi dalam ketentuan-ketentuan atau perintah organisasi ini.

   b. Kelompok informal, merupakan kelompok sosial yang terbentuk karena pertemuan-pertemuan yang berulang dan merasa memiliki kepentingan dan pengalaman yang sama. Ex: kelompok kecil (klik) dan kelompok pertemanan.
  
      Kelompok Sosial Yang Tidak Teratur
     a. Kerumunan (Crowd) 
   Kerumunan identik dengan semangat dan keinginan yang menyala-nyala yang cenderung merusak (destruktif). Namun, tidak semua kerumunan menciptakan kerusuhandan kekacauan. Menurut Herbert Blumer (1900-1987), ada empat tipe kerumunan, yaitu sebagai berikut.
  • Kerumunan tidak tetap (causal crowd) adalah kerumunan yang keberadaannya singakat dan terorganiasi longgar. Hal ini bersifat spontan. Contoh, kerumunan orang yang bersama-sama melihat rumah terbakar atau kecelakaan lalu lintas. 
  • Kerumunan konvensional (conventional crowd) adalah kerumunan yang terjadi secara terncana yang berperilaku teratur. Contohnya, para penonton sepak bola atau penonton pertunjukan teater. 
  • Kerumunan betindak (acting crowd) adalah kerumunan yang didasari pada permusuhan atau aktivitas destuktif. Contohnya, mob (kemunculan yang secara emoasional dan irasional yang muncul untuk menjalankan aksi penuh destruktif). 
  • Kerumunan ekspresif (expressive crowd) adalah kerumunan yang muncul untuk melampiaskan emosi dan ketegangan. Contohnya, para penonton konser musik rock


SUMBER
http://118.98.166.67/index5.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMA/view&id=281&uniq=2721

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar